--
0

Suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada.


a. Electric PencilProgram aplikasi pengolah kata yang pertama kali di buat adalah Electric Pencil. Electric pencil di buat oleh Michael Shcrayer, seorang programer yang tinggal di California pada tahun 1976.









b. Word Star
Pada tahun 1979 Jhon Barnaby menulis program pengolah kata atas permintaan Seymour Rubinstein yang di beri nama Word Star. Beberapa versi dan Word Star yg telah beredar di pasaran antara lain adalah Word Star Release 3.4, Word Star Release 4.0, Word star Release 2000 + Release 2, dan lain sebagainya.

c. Microsoft Word

Software pengolah kata yang paling banyak digunakan saat ini adalah Microsoft Word. Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang paling banyak digunakan karena Microsoft Word mempunyai kemampuan yang sangat handal untuk membuat berbagai jenis dokumen. Selain itu, Microsoft Word dapat digunakan dengan cara yang mudah (user friendly) karena Word mempunyai tampilan beupa grafis yang dilengkapi dengan tombol-tombol dan menu-menu yang membuat pengguna dapat bekerja dengan mudah.
d. Corel Word Perfect
Bruce Bastian, seorang mahasiswa pascasarjana Universitas Brigham Young (BYU), dan BYU profesor ilmu komputer Dr AlanAshton bergabung untuk merancang suatu sistem pengolah katauntuk kota sistem Data Umum Orem Corp.minicomputer pada tahun 1979. Bastian dan Ashton tetap hak untuk perangkat lunakWordPerfect mereka dirancang untuk Orem, memutuskan untukpasar melalui perusahaan mereka sendiri. Ashton dan Bastianmulai satelit Sistem Internasional (SSI) untuk menjual WordPerfecttahun 1980.Aplikasi pengolah kata, sekarang dimiliki oleh Corel.WordPerfect1,0 merupakan keberangkatan yang signifikan dari standar sebelumnya untuk prosesor kata Wang. Pada puncak popularitaspada akhir 1980-an dan awal 1990-an, itu adalah pengolah kata defacto standar, tetapi telah lama dipukuli dalam penjualan oleh Microsoft Word. Sementara tersedia di DOS dan MicrosoftWindows versi, popularitasnya sebagian didasarkan pada kenyataan bahwa itu tersedia untuk berbagai komputer dan sistem operasi, termasuk Mac OS, Linux, Apple IIe.

e. Star Office Writer
Pengolah kata dari paket Open Office perangkat lunak Oracle. Hal itu sebelumnya dikenal sebagai aplikasi StarOffice, dan sebelum itu, StarWriter. aplikasi didasarkan pada OpenOffice.org Writer.



f. Open Office WriterKomponen pengolah kata dari paket perangkat lunakOpenOffice.org. Writer adalah pengolah kata yang mirip dengan Microsoft Word dan Corel'sWordPerfect, dengan beberapa fitur mereka.Seperti dengan seluruh suite OpenOffice.org, Writer dapat digunakan di berbagai platform, termasuk Microsoft Windows,Linux, FreeBSD, Irix dan Solaris. Dirilis di bawah persyaratanLisensi GNU Lesser General Public, Penulis adalah softwareWriterbebas adalah mampu membuka dan menyimpan dokumen dalambeberapa format, termasuk Format OASIS Open Document 1.1(format default), Microsoft Word DOC, DOCX, RTF dan XHTMLMemiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar). OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.

No Response to "

Aplikasi Pengolah Kata

"

Posting Komentar

Terima kasih...