--
0

Kenapa sih mempelajari komputer dari awal dan sejak dini...mungkin dari kalian pernah bertanya begitu atau sedang bingung memilih jurusan kalian berikutnya selepas pendidikan tingkat atas (SMA, SMK atau SMEA)? Jika pertanyaan seperti ini yang sedang ada dalam pikiran kalian, mungkin pikiran tersebut yang pernah penulis alami.


Banyak dari kita yang berpikir sepertinya menyenangkan punya ilmu atau nantinya punya kemampuan tingkat tinggi (seperti belajar silat saja yaa...) dalam komputer dan seputarnya....namun terkadang apa yang kita pikirkan dan terlihat menyenangkan mungkin tidak seindah itu juga pada akhirnya.

Saya bukan sedang menakuti atau berharap kalian semua mundur dari cita-cita kalian. Namun dari itu untuk membuka cakrawala kalian seperti apa sih dunia komputer atau istilahnya TI itu (bagi yang sudah kenal dan paham sebagai tambahan saja ya).Baiklah kita mulai saja pembahasan apa itu dunia komputer atau TI dari  segala sisi dan cabang-cabangnya.



IT berarti Information Technology, dalam bahasa Indonesia artinya TI, Teknologi Informasi (dan Komunikasi) secara luas. Mulai dari perangkat, jenisnya dan keribetannya... :)
Kalian pernah dengar istilah Pentium, virus (komputer), CD (compact Disc, dll pastinya kan?


Bidang TI, terbagi dalam beberapa sub bidang lagi karena bersentuhan dengan keilmuan lain pula. Berikut beberapa pembagiannya:
1. TI Hardware / Mekanik, gabungan antara ilmu komputer dan Teknik (listrik maupun mekanik)
2. TI Jaringan, gabungan antara ilmu komputer dan peralatan komunikasi (dengan kabel atau gelombang frekuensi)
3. TI Database, gabungan antara ilmu komputer dan ilmu administrasi (pencatatan/penyimpanan, secara elektronis tentunya)
4. TI Programming, penggabungan antara ilmu komputer dan rekayasa/pembuatan alat-alat komputer dari sisi software (perangkat lunak)
5. TI Design, penggabungan ilmu komputer dan seni (baik elektronis maupun cetak)
6. TI Robotika, sub penggabungan ilmu komputer dan Mekanika (gerak) secara lebih spesifik (termasuk cabang baru)
7. TI Biologi, penggabungan ilmu komputer dan biologi (cabang baru yang lebih spesifik)
8. TI AI (Artificial Intelligence), penggabungan ilmu komputer dengan programming, biologi, mekanika/robotika dan database. Sub ilmu yang lebih spesifik namun berhubungan langsung dengan berbagai disiplin ilmu lainnya secara lebih tinggi lagi dan lebih modern.


Pada tulisan berikutnya penulis akan lebih rinci lagi keilmuan tersebut dan pengaruhnya dalam pendidikan yang pernah kita cita-citakan atau pernah kita bayangkan indah mungkin sebelumnya. Jadi tetap ikuti supaya lebih memahami hal-hal yang akan kita pilih.

No Response to "

Komputer dan cabang ke-ilmuan-nya

"

Posting Komentar

Terima kasih...